Turn Around (putar arah) UANG Kita (Bagian 3)

Total Turn Around adalah jalur sukses kita yang tertunda, dimana kita baru sadar ketika sudah jauh melangkah.

Total Turn Around
Jika hari ini kita tersesat di lembah keuangan, maka solusinya balik arah lagi di awal kita jalan.

Jika ini tidak bisa kita lakukan karena terlalu jauh untuk mulai melangkah lagi, sementara support sytem kita sudah tidak mendukung lagi, lakukan secara cepat apa saja yang bisa kita lakukan dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama.


Misalnya karena faktor usia yang sudah menuju MPP (Masa Persiapan Pensiun) tinggal 5 tahun lagi, maka 10 Years Challenge adalah solusi jitunya.

Jika Mahatir Muhammad saja di usianya yang sudah 92 tahun bisa kembali menjadi Perdana Menteri Malaysia karena tidak ingin melihat Malaysia hancur karena Korupsi dan Utang, kitapun juga harus berfikir seperti itu.

Jangan sampai rumah tangga kita hancur karena kesalahan pengelolaan keuangan dan banyaknya utang.

Re-born dan Re-positioning adalah kata kunci dari Total Turn Around, buatlah 3 atau 4 prioritas tujuan keuangan kita di waktu yang tersisa ini.

Misalnya Anda memiliki cukup untuk biaya pensiun, punya persiapan dana untuk memulai bisnis baru, ada cadangan biaya pernikahan anak dan memiliki biaya membeli asset-aset produktif.

Apa langkah pertamanya, ada di bagian ke-2 yakni  : Reset net worth & Paid liability.

Langkah keduanya adalah Behavior challenge, artinya mari kita tuliskan kebiasaan-kebiasaan apa saja agar kita punya dan mulai merubahnya dengan memiliki mentalitas kaya sejati.

a. Income

Memahami detail kemana saja keluarnya uang bulanan kita, lalu Otomatisasi gaji/pendapatan bulanan (pindahkan ke rekening khusus) dan selalu Evaluasi bulanan terhadap pendapatan dan pengeluaran kita.

b. Spending

Melakukan monitoring pengeluaran harian, pekanan dan bulanan kita, lalu potong pengeluaran bulanan yang tidak perlu dan Maksimalkan Kartu Diskon atau Belanja Bulanan dengan bijaksana.

c. Spiritual

Bayar kewajiban buat Tuhan terlebih dahulu untuk menumbuhkan Mentalitas Kaya, misalnya dengan bayar Zakat dan Sedeqah Rutin terstruktur.

d. Social

Tunaikan hak orang lain yang ada dalam harta kita, misalnya Infaq, Derma, menjamu tamu dll.

e. Family

Jadikan Pekerjaan dan Usaha kita semata-mata untuk melayani Keluarga dan mencukupi kebutuhan keluarga, bukan sebaliknya, keluarga yang melayani usaha atau kerja kita.

f. Good Debt

Cek kembali apa saja kewajiban kita yang menghasilkan cash flow (aliran uang) atau aset bertumbuh sehingga ada ‘cadangan’ untuk masa depan.

g. Bad Debt

Cek kembali apa saja kewajiban yang bersifat konsumtif dan menggerus harta kita, lunasi hal ini terlebih dahulu dan jangan membuat utang baru selagi masih proses perbaikan keuangan.

h. Protection

Sudah berapakah Dana Darurat Keluarga yang sudah kita miliki, lalu hitung ulang UP (Uang Pertanggungan) keluarga, kesehatan & harta kita secara seksama.

i. Saving

Selalu SISIHKAN, bukan sisakan uang untuk di tabung dan review kembali berapa aset bersih kita dengan Wealth Tracking Sheet tiap bulannya & bandingkan.

j. Investing

Belajar tiap bulan bagaimana melipatgandakan aset dalam bentuk BKP (Buku, Kaset/Video, Pertemuan) dan selalu berfikir investasi minimal 10 jam dalam sebulan

k. Education

Buat track karir untuk anak dan isteri/suami, sisihkan dana Pendidikan di awal gajian atau pendapatan kita

l. Pension

Buat daftar apa saja yang akan dilakukan ketika pension dan mulailah menjalankannya, happy NOW.

m. Life Need

Hitung ulang apa saja yang menjadi kebutuhan pribadi, pasangan dan anak kita

n. Life Style

Buat Shopping account, Shopping List, ajak Shopping Buddy yang HEMAT dalam belanja, dan setiap mengambil barang, selalu Stop & Think “Lebih baik beli ini atau buat Uang Pensiun” dll.

Jika listing di atas kita jalankan secara konsisten dengan adanya tujuan yang jelas, Insya Allah recovery keuangan kita akan semakin cepat teratasi.

Insya Allah kelanjutan artikel ini akan di lanjutkan di bagian ke empat, Strategi Turn Around (putar arah) UANG kita.


Hari 'Soul' Putra    
Managing Director WealthFlow 19 Technology  
www.P3KCheckUp.com      
Founder IBC/Indonesian Business Community    
Motivator Keuangan Indonesia    
0815 1999 4916
 
#TurnAroundAtauPutarArahUangKitaBagian3#SpiritualFinance
#KetenanganKeuangan
#MotivasiKeuangan
#TerapiKeuangan
#TerapiCashFlow