Selasa, 06 Desember 2016

Liburan Hemat, Liburan Manfaat



Apa yang Anda pikirkan ketika mendekati akhir tahun masehi?


Rata-rata pasti yang menjadi top of mind adalah LIBURAN (holiday).  
Tidak salah memang, apalagi jika Anda masih berstatus karyawan, dimana Anda bekerja sepanjang tahun, tentulah perlu penyegaran alias refreshing.

Hanya biasanya, ketika akhir tahun sudah bisa dipastikan waktunya, uang atau dana yang tersedia selalu tidak bisa dipastikan. Selalu defisit, alih-alih ingin menikmati liburan menyenangkan bersama keluarga, yang terjadi malah kantong jebol.

Pertanyaannya, kenapa ketika Anda ingin liburan dananya selalu membengkak?  
Karena di saat yang bersamaan, rekan-rekan kerja Anda yang lain sesama karyawan juga merencanakan hal yang sama buat keluarganya, otomatis waktu liburan menjadi 'mahal', istilah travelnya peak season.

Jika waktu liburan tidak bisa kita rubah, maka yang bisa kita rubah adalah anggaran keuangannnya. Dalam bahasa lain, kita tidak bisa merubah arah angin, yang kita bisa rubah adalah sayap keuangan rumah tangga kita.

Berikut 3 langkah liburan hemat agar liburan menjadi manfaat :

1. Rencanakan liburan (holiday plan)  
Hal mendasar dalam merencanakan liburan adalah kemana tujuan kita berlibur. Misal ke luar kota atau ke luar negeri. Berapa lama kita tinggal disana dan menginap dimana? Apakah hotel atau rumah saudara? dll.
Setelah itu tarik mundur, alat transportasi atau angkutan apa yang akan kita gunakan, apakah via laut, darat atau udara. Berapa harga tiket pulang perginya? Lalu cek ada berapa dana yang tersedia di tabungan kita?

Disini seninya liburan, membuat anggaran antara keinginan yang ideal dan kondisi kantong keuangan keluarga.
Makanya untuk sebuah perencanaan liburan, minimal direncanakan 2-3 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Adapun untuk liburan ke luar negeri, minimal 6 bulan sebelumnya, agar persiapan menjadi maksimal.

2. Ringankan dengan berbagi biaya perjalanan (holiday cost-share cost)
Jika Anda traveller pemula, maka menggunakan jasa biro perjalanan wisata tentulah menjadi pilihan realiatis.
Anda tidak perlu disibukkan dengan membuat itinerary, melakukan survei hotel dan transportasi dan persiapan lainnya yang akan sangat menyita waktu pikiran dan tenaga Anda.
Semua sudah dilayani oleh travel agent tersebut, hanya mungkin biaya yang harus Anda keluarkan akan lebih banyak ketimbang Anda berliburan secara mandiri.
Jika pilihan Anda berlibur secara mandiri maka rumus jitunya adalah share cost alias patungan.  
Berbagi resiko dan berbagi biaya, dimana dengan share cost ini Anda bisa belajar dalam mengelola keuangan, apalagi jika Anda adalah karyawan single alias belum berkeluarga.
Ini pernah kami lakukan ketika menjelajahi Jawa Timur dan Bali, dengan share cost juga biaya penginapan yang biasanya mahal jadi ringan. Ibaratnya harga backpacker kualitas hotel.
Apalagi saat ini banyak sekali promo-promo tiket perjalanan murah ala traveloka, atau hotel dan hostel/rumah pribadi disewakan yang menggunakan sistem sharing ekonomi ala air bnb. Transportasipun untuk di beberapa kota besar sudah tersedia Grab atau Gojek dll.

3. Menikmati liburan manfaat (holiday benefit)
Selain menjadi fresh kembali, maka liburan juga harus memiliki nilai manfaat atau added value.
Memperbanyak kenalan selama wisata atau mengunjungi teman FB adalah bagian dari silaturrahim yang Insya Allah selain hemat juga membuka pintu-pintu rezeki.
Jika Anda terbiasa menulis diari online via blog atau hobi fotografi, maka berliburan juga bisa menghasilkan income. Bisa menulis di blog pribadi dengan asumsi banyak yang datang, sehingga ada pengiklan di blog Anda. Atau foto-foto keren Anda bisa ditayangkan di media cetak yang tentunya setiap foto akan dihargai dalam bentuk rupiah atau dollar jika Anda mengirimkannya untuk media-media luar negeri.
Beberapa destinasi yang bisa menghasilkan manfaat adalah gunung, pantai, kota dengan mengunjungi museum, desa yang asri, kegiatan organisasi sosial, outbound dll.
Selamat menikmati liburan hemat penuh manfaat yang tidak membuat kantong kiamat!

Hari 'Soul' Putra
Managing Director WealthFlow 19 Technology www.P3KCheckUp.com
Founder SWAT ACTION
Motivator Keuangan Indonesia
0815 1999 4916


#LiburanHematLiburanManfaat
#7LangkahCerdasMengenaliKesehatanKeuanganRumahTangga
#BagiHasilDiWarungMakanPadang
#3ProfesiPilihanParaNabi
#KunciKayaDariAntiTesisHukumParkinson
#RezekiKecilCukup
#RezekiBesarTambahCukup
#InvestasiIntan
#InvestasiInstan
#MasalahKeuangan
#BermainKaya
#QuoteKeuangan
#QuoteFinancial
#MotivasiKeuangan
#HariSoulPutra
#HarrySoulPutra
#MiskinMenengahKaya