Kamis, 08 Februari 2018

Istiqomah membawa Karomah!

Sering kali kita mendengar kata Istiqomah dalam percakapan sehari-hari.

Entah di warung kopi, di pasar, di masjid, dalam Majlis Taklim dll.

Biasanya merujuk pada sebuah keadaan yang tetap dan selalu meningkat tiap waktu.


Misalkan shalat 5 waktu, terus menerus dan semakin khusyuk serta selalu tepat waktu.

Kalo sekedar shalat 5 waktu 'mungkin' bisa, tapi istiqomah awal atau tepat waktu, ini yang agak berat.

Jika kita cari kata Istiqomah di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), susah untuk menemukannya.

Mari kita coba lihat di Kitab Riyaduss Shalihin karangan Imam Nawawi, Istiqomah mengandung arti : "Tetap dalam ketaatan dan di atas jalan yang lurus dalam beribadah kepada Allah SWT”.

Istiqomah berarti juga konsisten dalam melakukan kebaikan. Teguh dalam satu pendirian dan tidak akan tergoyahkan oleh berbagai macam rintangan dalam mendapatkan ridho Allah SWT.

Selagi kita istiqomah di jalan Allah SWT, di jalan kebaikan, Insya Allah, Allah SWT akan memberikan kita suatu Karomah.

Karomah adalah kemuliaan atau penghormatan, yakni kemuliaan/penghormatan dari Allah SWT. Pengertian karomah secara bahasa, dari kata karoma - kareem - karim (mulia).

Kata karomah ini, juga tidak dikenal dalam kamus bahasa Indonesia.
 
Dalam KBBI hanya ada kata "keramat" --diadaptasi dari kata karomah (Arab).
Keramat/ke·ra·mat/ a
1. Suci dan dapat mengadakan sesuatu di luar kemampuan manusia biasa karena ketakwaannya kepada Tuhan (tentang orang yang bertakwa)
2. Suci dan bertuah yang dapat memberikan efek magis dan psikologis kepada pihak lain (tentang barang atau tempat suci).

Jadi seperti apa istiqomah membawa karomah tersebut?

Misalkan ada seseorang yang melakukan ritual shalat malam (Shalat Tahajud, Taubat, Hajat, Istikhara, Witir dll), setiap malam menjelang pagi/dini hari tersebut, beliau selalu mandi bersih, agar ketika berkomunikasi dengan Sang Maha Pencipta dalam keadaan bersih Jiwa dan Raga-nya.

Dengan Presiden sebagai makhluk saja kita berpakaian rapi jika ketemu, mengapa dengan Tuhan yang menciptakan Presiden tersebut, malah kita pakaiannya biasa-biasa saja.
Harusnya lebih rapi dari ketemu presiden tadi.

Sehingga, jika kita terus istiqomah dengan shalat malam tadi di lanjutkan dengan tilawah, olahraga, sedeqah, silaturrahim, sinergi dst, Insya Allah, Allah SWT akan memberikan Bonus Karomah kepada kita.

Istiqomah membawa Karomah juga bermakna, sesuatu yang kelihatannya biasa, misal memberi makan orang lain setiap hari Jum'at atau membersihkan WC/Toilet umum setiap kita ingin ke kamar mandi tersebut, asal dilakukan secara rutin akan memperkaya mental berkelimpahan kita, tidak saja semakin peka dengan orang lain, bonusnya adalah akan semakin banyak bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita.

Istiqomah membawa Karomah juga berarti pertolongan yang tidak disangka-sangka, seperti perjuangan Sultan Muhammad Al Fatih ketika menaklukkan Konstantinopel atau Kerajaan Romawi (Ruum).

Dipuncak rasa kelelahan yang sangat tinggi (53 hari perang di luar benteng Konstantine, dengan banyaknya prajurit lawan yang mati dan syahid di pihak Islam), tiba-tiba Allah SWT berikan Ilham (bahasa kita adalah Karomah/Penghormatan, karena Istiqomah untuk melaksanakan Sunnah Rasulullah SAW sejak abad ke-7 M) dimana merubah Strategi yang tidak masuk akal, mengangkut Kapal Besar naik Gunung dengan di tarikin tambang oleh manusia.
 
Sebuah epos yang Allah SWT berikan pada Generasi Terbaik zaman itu.

Itulah 'karomah' atas keikhlasan hati, kegigihan dalam beribadah dan kekuatan taqwa yang sejatinya.

Jadi, jika hari ini kita merasakan kehidupan yang sangat berat, selalu kembali kepada Allah SWT, perbaiki NIAT, Evaluasi sembari Istiqomah dengan Tawakkal Sempurna dan Usaha Maksimal, Insya Allah, Karomah akan datang menghampiri kita, bisa sekarang, hari ini, esok, atau nanti di akhirat kelak.

Wallahu'alam....


Hari 'Soul' Putra Managing Director WealthFlow 19 Technology www.P3KCheckUp.com Founder IBC/Indonesian Business Community Motivator Keuangan Indonesia 0815 1999 4916



#IstiqomahMembawaKaromah
#SpiritualFinance
#KetenanganKeuangan
#MotivasiKeuangan
#TerapiKeuangan
#TerapiCashFlow