Resesi Ekonomi diantara 2 Sisi KOIN Pendapatan dan Pengeluaran (bagian 2)


Happy Friday-Jika pekan lalu kita sudah membahas 2 Sisi Koin (Mata Uang), maka pekan ini kita lanjutkan dengan langkah detail bagaimana menghadapi resesi ekonomi dari sisi keuangan pribadi dan keluarga.

Resesi Ekonomi

Menurut KBBI daring resesi adalah kelesuan dalam kegiatan dagang, industri, dan sebagainya (seolah-olah terhenti),  menurunnya (mundurnya, berkurangnya) kegiatan dagang (industri), telah menimbulkan pengangguran di negara-negara industri atau kelesuan ekonomi.

Beberapa pakar, pengamat, dan orang-orang pemerintahan mengatakan kondisi kita hari ini baik-baik saja, tetapi dari sisi oposisi mengatakan ini kondisi yang berbahaya.

ResesiEkonomi di antara 2 sisi KOIN (bagian 2)
Mereka tentu punya data dan teori masing-masing, tetapi kita yang bergelut di kehidupan sehari-hari tentu lebih merasakannya.

Negara lain yang berperang, negara kita kena dampaknya.

Bagaimana jika perang dagang antara Amerika dan China terus berlangsung hingga tahun 2020?

Maka suka tidak suka, senang tidak senang, siap tidak siap, mampu tidak mampu kita harus memiliki perencanaan keuangan yang jitu untuk menghadapinya.

Apa itu Perencanaan Keuangan yang Jitu?

Perencanaan keuangan yang melihat dari segala perspektif atau secara holistik.

Artinya kita harus mulai mendahulukan mana yang PRIORITAS dan mana yang bukan.

Jika waktu kita di dunia ini di batasi umur, maka mana yang rencana atau bisa di tunda dan mana yang harus segera kita laksanakan, perlu kita dahulukan.

Itulah langkah paling bisa kita lakukan, yakni menyusun daftar prioritas dari tujuan keuangan, baik jangka pendek atau menengah.


Pendapatan dan Pengeluaran

Waktu saya sharing di Komunitas MomPreneur Lampung, ada satu pertanyaan dari peserta, "Pak Hari, mana yang harus kita dahulukan dari ketiga aset yang bapak jelaskan tadi, apakah membeli atau memiliki Aset lancar, Aset guna pakai atau Aset investasi", ujarnya.

Sahabat, sebelum saya uraikan mana aset yang perlu kita miliki terlebih dahulu ketika terjadi resesi ekonomi,  izinkan saya menjabarkan istilah pendapatan dan pengeluaran.

Banyak orang yang mengeluh dikarenakan kekurangan uang entah di level manapun saat ini mereka berada.

Tetapi ketika saya tanyakan, berapa rata-rata total pengeluaran bulanannya (baik yang masih single atau sudah berkeluarga), selalu gelagapan dan mikir serius seperti bingung.

Padahal pengeluaran itu adalah sebuah keniscayaan, termasuk kategori pengangguran sekalipun.

Jika menghitung pengeluaran saja kita masih bingung, berarti kita perlu melakukan 'audit' internal di keluarga kita masing-masing.

Pointnya lebih kepada keterbukaan pada pasangan dan keluarga masing-masing, bukan sekedar angka-angka saja.

Semakin terbuka kita, Insya Allah membuat ulang Tujuan Keuangan Bersama akan semakin mudah.

Jika aspek pengeluaran sudah selesai, artinya dalam setahun ke depan, jika pemasukan kita meningkat, pengeluaran kita harusnya TETAP.

Sehingga Pola Kebiasaan Keuangan yang lama, yang boros menjadi Kebiasaan Keuangan yang Sehat, Terukur dan Berhasil guna.

Sekarang kita masuk ke pemahaman pendapatan.

Jika pendapatan kita hari ini hanya dari 1 income dan cukup, maka bersyukurlah berarti kita hidupnya sudah serba berkecukupan.

Tetapi jika 1 income saja belum cukup, alangkah baiknya kita mulai merancang income atau pendapatan apa saja yang bisa menopang kehidupan masa lalu kita, masa depan dan masa sekarang.

Ibarat simpanan, maka 1 pendapatan hanya cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari kita saja.

Paling tidak 1 hingga 2 bulan ke depan kita masih bisa survive.

Jadi makna 2 Sisi Koin Bernama Pendapatan dan Pengeluaran, antara satu sisi dan sisi lainnya saling beriringan.

Bersama-sama Pendapatan, ada Pengeluaran, bersama-sama Kesulitan ada Kemudahan.

Tetapi, jangan menunggu kesulitan muncul baru bertindak, tetapi sebelum kesulitan muncul kita sudah mengantisipasinya, inilah esensi Manajamen Keuangan menghadapi Resesi Keuangan.

Bersambung ke bagian-3


Hari 'Soul' Putra
Managing Director WealthFlow 19 Technology
www.P3KCheckUp.com
Founder IBC/Indonesian Business Community
Motivator Keuangan
 

 
#ResesiEkonomiDiantara2SisiKoinPendapatanDanPengeluaranBagian2
#MotivatorKeuangan
#SpiritualFinance
#KetenanganKeuangan
#MotivasiKeuangan
#TerapiKeuangan
#TerapiCashFlow
#MengaturPendapatan
#HariSoulPutra
#ManajemenKeuangan