Bekraf Gelar Kembali Business Matching di Jogja bersama Hari ‘Soul’ Putra


Yogyakarta, 2/8/2018 – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyambangi Kota Yogyakarta untuk menggelar kembali Business Matching

Acara ini mempertemukan pelaku ekonomi kreatif (ekraf) dengan pihak perbankan sebagai salah satu sumber pembiayaan. 

100 pelaku usaha ekraf yang mengikuti acara ini berkesempatan berinteraksi dengan perbankan yang hadir.

Anggota Komisi X DPR RI, My Esti Wijayati menjadi keynote speaker dengan memberikan materi bertema peran legislatif dalam pengembangan ekonomi kreatif. 
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) turut menghadiri acara untuk memberikan sambutan.

Direktur Akses Perbankan Bekraf, Restog K. Kusuma menuturkan, “Bekraf bukan hanya meningkatkan pengetahuan pelaku ekraf tentang pembiayaan perbankan, tetapi juga meningkatkan peluang mereka mengaksesnya dengan Pelatihan Manajemen Keuangan
Sehingga, mereka bisa mengajukan proposal pengajuan pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.”
Laporan keuangan adalah salah satu persyaratan mengakses pembiayaan perbankan. Dengan laporan keuangan, tercermin tahapan bisnis pelaku ekraf dan produk pembiayaan perbankan yang sesuai.
Praktisi keuangan, Hari Soul Putra menjelaskan bahwa Perbankan memiliki beberapa kriteria sebelum menyalurkan pembiayaan, yaitu kelayakan mendapatkan modal dan risiko perbankan dalam menyalurkan pembiayaan tersebut. 
Manajemen keuangan bermanfaat untuk mengetahui kondisi keuangan, monitoring dan evaluasi bisnis untuk mengembangkan bisnis.
BNI adalah perwakilan perbankan yang menginformasikan skema permodalan ekraf dan konsultasi pembiayaan usaha. 
100 pelaku ekraf berkesempatan berinteraksi langsung dengan BNI untuk menanyakan produk pembiayaan perbankan yang tepat untuk bisnis mereka.
Bekraf juga mengundang Panen Maya Consultant, Dicky Sukmana untuk sharing informasi tentang media sosial dan pengembangan usaha ekraf. 
Diharapkan pelaku ekraf bisa menerapkan media sosial dalam mengembangkan usaha mereka. 
Selama sehari penuh 100 pelaku ekraf mengikuti business matching ini. Acara ditutup oleh Kasubdit Perbankan Konvensional, Dedy Andriansyah. (mm)

Sumber : Bekraf